Sunday, February 1, 2015

Komunkasi dalam Manajemen

Edit Posted by with No comments


Psikologi Manajemen (Minggu Ke Empat Belas)

A.    Definisi Komunikasi
1.    Rogers & Shoemaker
Komunikasi adalah proses suatu ide dialihkan dari satu sumber kepada satu atau banyak penerima dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka.
2.    Uchjana
Komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh seseorang kepada orang lain untuk memberitahu, mengubah sikap, pendapat, atau perilaku, baik secara lisan (langsung) ataupun tidak langsung (melalui media)
3.    Sarah Trennom & Arthur Jensen (dalam Wiryanto, 2004)
Komunikasi adalah suatu proses di mana sumber mentransmisikan pesan kepda penerima melalui beragam saluran.
4.    Hoveland (dalam Wiryanto, 2004)
Komunikasi adalah proses di mana individu mentransmisikan stimulus untuk mengubah perilaku individu yang lain.
B.     Proses Komunikasi
Menurut Onong U. Effendy menyebutkan bahwa komunikasi meliputi lima proses
a.     Komunikator
Komunikator adalah seseorang atau sekelompok orang yang menyampaikan pikirannya atau perasaannya kepada orang lain.
b.    Pesan
Pesan sebagai terjemahan dari bahasa asing “message” adalah lambang bermakna (meaningful symbols), yakni lambang-lambang yang membawakan pikiran atau perasaan komunikator.
c.     Komunikan
Komunikan adalah seseorang atau sejumlah orang yang menjadi sasaran komunikator ketika ia menyampaikan pesannya.
d.    Media
Media adalah sarana untuk menyalurkan pesan-pesan yang disampaikan komunikator kepada komunikan.
e.     Efek
     Efek adalah tanggapan, respons atau reaksi dari komunikan ketika ia atau mereka menerima pesan dari komunikator. Jadi efek adalah akibat dari proses komunikasi.
C.    Hambatan Komunikasi
Menurut Robbins (dalam Sukoco, 2007), ada empat hambatan komunikasi yang akan mempengaruhi kualitas komunikasi yang kita lakukan :
1.    Perbedaan bahasa dan persepsi
2.    Gangguan komunikasi
3.    Overload informasi
4.    Penyaringan yang tidak tepat
Daftar Pustaka
Onong Effendy Uchajana. (1990). Ilmu Komunikasi, Teori dan Parktek. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Rogers, E. M, & Shoemaker, F. F. (1971). Communication of Inovation. London: Free Press Macmillan Publishing. 
Sukoco, B. M. (2007). Manajemen administrasi perkantoran modern. Jakarta: erlangga.
Wiryanto. (2004). Pengantar ilmu komunikasi. Jakarta: Grasindo.       
Rabu, 28 Januari 2015

Senin, 17 Maret 2014

0 comments:

Post a Comment