Psikologi Manajemen (Minggu Ke
Sembilan)
TIPE-TIPE PENGENDALIAN
Menurut Syarifah
(2014) ada tiga tipe pengawasan (controlling), yaitu :
1. Pengawasan pendahuluan
Dirancang untuk
mengantisipasi adanya penyimpangan dari standar atau tujuan
dan memungkinkan koreksi dibuat sebelum suatu tahap kegiatan tertentu
diselesaikan.
dan memungkinkan koreksi dibuat sebelum suatu tahap kegiatan tertentu
diselesaikan.
2. Pengawasan yang
dilakukan bersama dengan pelaksanaan kegiatan.
Merupakan proses di
mana aspek tertentu dari suatu prosedur harus disetujui
dulu atau syarat tertentu harus dipenuhi dulu sebelum kegiatan - kegiatan bisa
dilanjutkan, untuk menjadi semacam peralatan “double check” yang telah menjamin ketepatan pelaksanaan kegiatan.
dulu atau syarat tertentu harus dipenuhi dulu sebelum kegiatan - kegiatan bisa
dilanjutkan, untuk menjadi semacam peralatan “double check” yang telah menjamin ketepatan pelaksanaan kegiatan.
3. Pengawasan umpan balik
Mengukur hasil-hasil
dari suatu kegiatan yang telah diselesaikan.
KONTROL PROSES MANAJEMEN
Kontrol proses dalam
menejemen menurut Samjaya (2013), yaitu:
1.
Menetapkan standar kinerja
2.
Pengukuran kinerja aktual
3.
Membandingkan kinerja aktual dengan standar
CONTOH KASUS :
PT AQUA adalah
perusahaan yang berada pada posisi overvalue , maksudnya jika harga saham lebih
besar dari harga wajar saham atau nilai yang sebenarnya. Jika harga saham
berada dalam posisi overvalue, maka para investor dapat mengambil keputusan
untuk menjual sahamnya, dimana untuk mengetahui nilai saham, harga wajar saham
tersebut dibandingkan harga saham.
PT. AQUA GOLDEN MISSISSIPI
PT AQUA Golden
Mississippi didirikan pada tahun 1973 oleh Bapak Tirto Utomo, sebagai produsen
pelopor air minum dalam kemasan di Indonesia. Pabrik pertama didirikan di
Bekasi. Setelah beroperasi selama 30 tahun, kini AQUA memiliki 14 pabrik di
seluruh Indonesia.
Pada tahun 1998, AQUA
(yang berada di bawah naungan PT Tirta Investama) melakukan langkah strategis
untuk bergabung dengan Group DANONE, yang merupakan salah satu kelompok
perusahaan air minum dalam kemasan terbesar di dunia dan ahli dalam nutrisi.
Langkah ini berdampak pada peningkatan kualitas produk, market share, dan
penerapan teknologi pengemasan air terkini. Di bawah bendera DANONE-AQUA, kini
AQUA memiliki lebih dari 1.000.000 titik distribusi yang dapat diakses oleh
pelanggannya di seluruh Indonesia.
ANALISIS :
Strategi Perusahaan
Dalam Menghadapi Persaingan
AQUA menggunakan
seluruh media untuk iklannya. Bis, taxi, TV, radio, koran, dan majalah
membawakan logo dan slogan biru AQUA yang berbeda. Dalam menjaga kesehatannya,
mengangkat citra, AQUA secara aktif mendukung penyelenggaraan atletik
internasional seperti pada jalur dan lapangan, mendaki gunung, angkat berat.
Pada maraton yang populer dan balapan 10.000 meter truk-truk AQUA menyediakan pelari
yang kelelahan dengan pancuran air segar. Sebagai bagian dari hubungan
masyarakat, AQUA juga membuka pabriknya untuk dikunjungi masyarakat untuk
meyakinkan masyarakat pelanggan bahwa AQUA diproduksi dengan cara yang higienis
dengan fasilitas, personel, dan manajemen yang utama.
AQUA melanjutkan untuk
mengembangkan upaya pemasarannya ke pulau yang lain di Indonesia. Untuk
memotong biaya transportasi, fasilitas produksi dioperasikan dengan lisensi
yang memproduksi air dalam persyaratan AQUA telah dibuka di Manado, Sulawesi
Utara, dan Medan, Sumatera Utara. Satu instalasi kecil mulai berproduksi airl
SEHAT dalam botol di Brunei Darrussalam, satu negara minyak yang merdeka di
pantai utara Borneo. Bukan suatu hal yang kecil.
Penerapan strategi
dalam tata kelola perusahaan
AQUA memegang saham
lebih dari 62% dari pasar botol di Indonesia, negara berpenduduk terbanyak
kelima didunia. Memegang tampuk pimpinan menjadi sulit. Ada beberapa rintangan
yang effektif untuk masuk dalam industry air dalam botol. Teknologi air dlam
botol tidak terlalu sulit dan kebutuhan modal tidak terlalu berlebihan.
Pemasaran menyediakan keunggulan bersaing yang utama diantara pembuat air dalam
botol. Penyaluran yang efisien dan pengiklananan untuk membedakan dan
memproduksi satu kesetiaan pada merek adalah kunci sukses.
SUMBER :
Jumat, 14 November 2014
Kamis, 21 Maret 2013
14 November 2014
Samjaya, A. (2013). Mengendalikan
(controlling). Dari: http://ekonomi.kompasiana.com/manajemen/2014/03/12/fungsi-controlling-dalam-manajemen-638047.html,
14 November 2014
Syarifah,
U. (2014). Fungsi controlling dalam manajemen. http://ekonomi.kompasiana.com/manajemen/2014/03/12/fungsi-controlling-dalam-manajemen-638047.html,
0 comments:
Post a Comment