Friday, November 21, 2014

Actuating dalam Manajemen

Edit Posted by with No comments


Psikologi Manajemen (Minggu Ke Enam)

Gerak Aksi (Actuating)
A.       Definisi Actuating
Menurut Asmadi (2005) actuating atau disebut juga “gerak aksi” mencakup kegiatan yang dilakukan oleh seorang manajer keperawatan untuk mengawali dan melanjutkan kegiatan yang telah ditetapkan dalam unsure perencanaan dan pengorganisasian agar dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Menurut Purba (2009) actuating adalah upaya yang dilakukan supervisor untuk memotivasi seluruh anggota tim agar mau mewujudkan tujuan yang sudah direncanakan bersama dengan kesadaran yang tinggi.
Dapat disimpulkan bahwa actuating merupakan penerapan atau implementasi dari rencana yang telah ditetapkan dan diorganisasikan.
B.     Pentingnya Actuating
Actuating adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok aberusaha untuk mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha-usaha organisasi. Jadi, actuating adalah menggerakan orang-orang agar mau bekerja dengan sendirinya dan penuh kesadaran secara bersama-sama untuk mencapai tujuan yang dikehendaki secara efektif. Dalam hal ini dibutuhkan kepemimpinan (leadership).
Leadership adalah kemampuan untuk mempengaruhi orang lain agar mau bekerja dengan tulus sehingga pekerjaan berjalan lancer dan tujuan dapat tercapai. Leadership merupakan salah satu alat efektif actuating. Dalam menggerakan para karyawan, seorang pemimpin harus memiliki pendekatan yang khas. Oleh karena itu, seorang pemimpin diharapkan dapat berkomunikasi, memberikan petunjuk atau nasihat, berpikir kreatif, berinisiatif, serta member stimulus kepada karyawan.
C.       Contoh Kasus
Di Gugus Depan X, Pradana (ketua dewan ambalan) memerintahkan anggotanya untuk menaikkan barang-barang perlengkapan kemah ke atas truk. Anggotanya terlihat enggan melakukan perintahnya dan menanggapi dengan acuh tak acuh.
Salah seorang anggota dewan ambalan yang cukup disegani berdiri dan berteriak, “Semangat kawan-kawan, mari kita kerjakan!” Karena ajakannya, semuanya jadi bergairah dan mulai bekerja menaikkan barang-barang.
Analisis:
Menurut contoh kasus tersebut, Pradana sebagai ketua dewan ambalan telah memberikan perintah kepada anggotanya. Hal ini menunjukan bahwa Pradana melakukan tugasnya sebagai seorang pemimpin dengan memberikan intruksi kepada anggota. Tindakan actuating yang ada pada kasus ini sebagaimana dilakukan oleh salah satu anggota dewan ambalan yang disegani dalam organisasi tersebut. Dia melakukan gerak aksi (actuating) dalam arti yang sebenarnya yaitu melakukan ajakan atau bujukan kepada anggota lainnya dengan berdiri dan berteriak, lain halnya dengan ketua dewan ambalan yang hanya memberikan intruksi tanpa memberikan ajakan secara motorik.

Sumber :
Asmadi. 2005. Konsep dasar keperawatan. Jakarta: Kedokteran EGC.
Purba, H. 2009. Great supervisor. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sukwaity. Sudirman amal & Slamet Sukamto. Ekonomi. Jakarta: Yudhistira Ghalia Indonesia.

0 comments:

Post a Comment