Psikologi Manajemen
(Minggu Ke Lima Belas)
D.
Definisi
Komunikasi
Menurut Mulyana
Komunikasi interpersonal
adalah komunikasi antara orang-orang secara tatap muka, yang memungkinkan
setiap pesertanya menangkap reaksi, orang lain secara langsung baik secara verbal atau non verbal. Komunikasi interpersonal
ini adalah komunikasi yang hanya dua orang, seperti suami istri, dua
sejawat, dua sahabat dekat, guru-murid dan sebagainya.
Komunikasi
dapat di katakan efektif apabila pesan diterima dan dimengerti sebagaimana di
masut oleh pengirim pesan,pesan di tindak lanjuti dengan sebuah perbuatan secara
suka rela oleh penerima pesan, dapat meningkatkan kualitas hubungan antar
pribadi,dan tidak ada hambatan untuk itu.
Komunikasi interpersonal efektif dalam
organisasi yang mencakup :
1.
Definisi
berdasarkan komponen (componential)
Definisi
berdasarkan komponen menjelaskan komunikasi antar pribadi dengan mengamati
komponen-komponen utamanya dalam hal ini, peyampaian pesan oleh satu orang dan
penerimaan pesan oleh orang lain atau sekelompok kecil orang, dengan berbagai
dampaknya dan dengan peluang untuk memberikan umpan balik segera.
2.
Definisi
berdasarkan hubungan diadik (dyadic)
Komunikasi
antar pribadi (interpersonal comunication) adalah komunikasi antara orang-orang
secara tatap muka, yang memungkinkan setiap para pesertanya menangkap reaksi
orang lain secara langsung, baik secara verbal maupun non verbal. Komunikasi
antar pribadi ini adalah komunikasi diadik yang melibatkan hanya dua orang,
seperti suami istri, dua sejawat, dua sahabat dekat, guru murid. Ciri-ciri
komunikasi diadik adalah pihak-pihak yang berkomunikasi berada dalam jarak yang
dekat, pihak-pihak yang berkomunikasi mengirim dan menerima pesan secara
spontan.
3.
Definisi
berdasarkan pengembangan (developmental)
Komunikasi
antar pribadi dilihat sebagai akhir dari perkembangan dari komunikasi yang
bersifat tak pribadio atau interpersonal. Pada suatu ekstrim menjadi komunikasi
pribadi atau intim pada ekstrim yang lain. Perkembangan ini mengisyaratkan atau
mendefinisikan pengembangan komunikasi antar pribadi.
E.
Model Pengolahan Informasi
Model pengolahan informasi pada
dasarnya menitik beratkan pada cara-cara memperkuat dorongan-dorongan internal
(datang dari dalam diri) manusia untuk memahami dunia dengan cara menggali dan
mengorganisasikan data, merasakan adanya masalah dan mengupayakan jalan
pemecahannya, serta mengembangkan bahasa untuk mengungkapkannya. Model
pengolahan informasi dibawah ini ada 4 yaitu:
1.
Rational
2.
Limited capacity
3.
expert
4.
cybernetic
F.
Model Interaktif
Manajemen
a.
Confidence
Kenyamanan
dapat membuat suatu organisasi bertahan lama dan menimbulkan suatu kepercayaan
dan pengertian.
b.
Immediacy
Suatu model organisasi
yang membuat suatu organisasi tersebut menjadi segar dan tidak membosankan
3.
Interaction management
Adanya
berbagai interaksi dalam manajemen seperti mendengarkan dan juga menjelaskan
kepada berbagai pihak yang bersangkutan
4.
Expressiveness
Mengembangkan
suatu komitmen dalam suatu organisasi dengan berbagai macam ekspresi perilaku.
5.
Other-orientation
Daftar Pustaka
Rabu, 21 Januari 2015
Rabu, 28
Januari 2015
Senin, 28 mei 2012
Mulyana Deddy. (2005). Ilmu Komunikas :
Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
0 comments:
Post a Comment